Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa Divaksin Covid-19

Banjarmasin, DUTA TVPuluhan penghuni Rumah Singgah Baiman milik Dinas Sosial, menjalani vaksinasi Covid-19 dari program pemerintah. Didalamnya termasuk puluhan eks pasien RSJ Sambang Lihum atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Total ada 61 orang ditarget menjalani vaksinasi disini termasuk karyawan atau petugas rumah singgah yang beraktifitas disini.

Kepala seksi pembinaan tuna sosial dan korban tindak kekerasan Dinsos Hasan Basri mengaku, tidak mudah memberikan pemahaman bagi para kliennya untuk bisa divaksin.

Lihat Juga :  Balai Pengobatan TNI AL Lanal Banjarmasin, Buka Vaksinasi Umum Sukseskan Program Pemerintah

“Vaksinasi baru kali ini, mudahan berkelanjutan, penghuni yang ada disini fleksibel tambah kurang, bukan seperti dalam panti. Jumlah vaksin 61 orang, terdiri dari penghuni, klien eks ODGJ dan petugas, sebanyak 61 orang,” kata Hasan Basri, Kasi Pembinaan Tuna Sosial dan Korban Tindak Kekerasan Dinsos.

“Vaksinasi kelompok khusus, mereka yang alami gangguan fisik dan mental, ini program pengendalian Covid di Banjarmasin. 61 Orang mantan ODGJ eks Sambang Lihum, ini harus jadi perhatian kita dalam mendapatkan vaksin. Terimakasih fasilitas rumah singgah, Kenapa? Karena mereka kelompok rentan dan mudah terkena jika tidak dilindungi. Ini sudah diatur Menteri Kesehatan,” ucap Machli Riyadi, Kadinkes Banjarmasin.

Lihat Juga :  Vaksin Covid-19 di Palangka Raya Menipis

Sebelumnya Dinkes juga sudah melaksanakan vaksinasi ODGJ sebanyak 89 orang, dan yang menjadi prioritas adalah mereka yang selesai menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum.

Reporter : Fadli Rizki

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *