Puluhan Hektar Kebun Karet Terendam Banjir

DUTA TV TANAH LAUT – Peristiwa anomali terjadi di desa Damit Hulu kecamatan Batuampar kabupaten Tanah Laut, lantaran puluhan hektar lahan kebun karet kebanjiran di saat musim kemarau.

Kebun karet yang terendam banjir di RT. 4 desa Damit Hulu sekitar 10 hektar, dengan kedalaman hingga 3 meter, sehingga pohon karet tak bisa disadap, bahkan sebagian besar tanaman karet mati.

Menurut keterangan seorang petani karet, Istihar, banjir yang terjadi kali ini bukan karena hujan namun diduga air yang menggenangi ribuan pohon karet di desa Damit Hulu berasal dari galian tambang yang berjarak sekitar 5 kilometer dari kebun karet tersebut.

 

Ribuan tanaman karet di desa Damit Hulu yang terendam air sudah tak bisa di sadap karetnya lagi oleh para petani.

“Mulai bulan 11 2018 sudah mulai banjir, jadi kalau banjir tidak bisa dipanen, yang ada disini ada 4,5 hektar, kami sudah pernah menghubungi yang punya tambang, managernya, dia bilang tanahku terserah mau tak timbun”, ungkap Istihar.

Istihar, petani karet

Selain merendam lahan perkebunan karet banjir diduga akibat aktivitas tambang batubara liar, juga mengakibatkan puluhan hektar lahan tanaman sawit di desa Batalang dan desa Damit Hulu juga terendam banjir.

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *