PTPN XIII Bongkar Bangunan Warga Di Lahan HGU

Tanah Bumbu , Duta TV – PT. Perkebunan Nusantara Wilayah XIII yang merupakan Perusahaan milik BUMN bergerak dibidang perkebunan Karet, berada di wilayah Kecamatan Karang bintang dan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dipermasalahkan warga, Jumat 30/10/20.

Pasalnya, bangunan pondok Murjani (54) yang berdiri di area HGU terpatnya yang berada di wilayah Desa Danau Indah dibongkar paksa oleh pihak PTPN XIII.

Setelah beberapa hari usai pembongkaran bangunan rumah milik murjani warga RT 04 Desa Karang Bintang beserta kuasa hukumnya M Nizar Tanjung, SH,MH untuk berkoordinasi dan meminta pertanggungjawaban atas pembongkaran banguna miliknya yang diklaim berdiri di area HGU tersebut.

Dalam rapat koordinasi tersebut nampak dihadiri Manager PTPN XIII Elwin Bancin Kapolsek Karang Bintang Ipda H. Sugeng, Koramil 1022-06/Krb Babinsa Desa Danau indah Kepala Desa Karang Bintang dan Murjani beserta Kuasa hukumnya serta staf PTPN XIII.

Lihat Juga :  Koramil 1022-08 Mentewe Diresmikan Pangdam VI Mulawarman

Menurut M. Nisar Tanjung selaku kuasa hukum Murjani yang turut hadir kantor PTPN III pendirian bangunan tersebut menurut mereka diluar HGU PTPN XIII meskipun disitu sudah ada tanaman karet milik PTPN.

“Sampai saat ini pihak PTPN XIII belum bisa menunjukkan bukti HGU yang telah diperpanjang sehingga status lahan perkebunan tersebut masih berstatus quo, sehingga akan kembali ke Desa atau ke masyarakat”, Ujarnya.

Lanjut Nijar Tanjung atas pembongkaran bangunan yang dibangun warga pihaknya meminta pertanggung jawaban,” kata M. Nizar Tanjung,SH.MH. saat rapat koordinasi di kantor PTPN XIII Desa Karang bintang.

Lihat Juga :  Bupati Serahkan Bantuan Bagi Nelayan

Elwin L Bancin selaku Manager PTPN XIII didampingi Gatot staf humasnya mengatakan wilayah yang didirikan pondok merupakan HGU PTPN XIII awal 3508 terbit tahun 1986 dan pihaknya sudah memperingatkan warga untuk membongkar sendiri bangunan tersebut namun tidak diindahkan dengan terpaksa Pihak PTPN XIII melakukan pembongkaran.

“Masalah perpanjangan HGU saat ini semua proses telah dilaksanakan tinggal menunggu proses penerbitan perpanjangan HGU, yang mana 2564 Hektar sudah dilakukan pengukuran ulang untuk kepentingan perpanjangan HGU,” ungkap Elwin.

Terkait permintaan warga untuk dilakukan pengukuran ulang HGU PTPN XIII Elwin mengatakan pihaknya sudah melaksanakan semua tahapan tahapan proses perpanjangan HGU dan saat ini proses telah sampai di Kementerian ATR/ BPN dan saat pengukuran ulang waktu itu juga telah melibatkan semua pihak- pihak yang berkompeten jadi pihaknya tidak akan melakukan pengukuran ulang.

Lihat Juga :  Wabup Ikuti Kegiatan Tatap Muka Menko Pulhukam Dengan Pemerintah Daerah Secara Virtual

Terkait warga akan berkoordinasi dengan BPN untuk melakukan pengecekan HGU Manager PTPN XIII mempersilahkan itu merupakan hak warga untuk mendapatkan kejelasan dari instansi ysng berwenang yaitu BPN Tanbu.

“Kami persilahkan kepada Murjani beserta Kuasa Hukumnya untuk menempuh jalur hukum jika nantinya setelah di putuskan melalui jalur hukum PTPN XIII merugikan warga, maka PTPN XIII, akan menerima keputusan tersebut, agar semua permasalah jelas dan clear dan tidak terjadi lagi dikemudian hari ,” pungkas Elwin Bancin.

Iwan – Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *