Prof. Hafiz Ansyari Khawatir Pemilu Hanya Jadi Milik Orang Berduit

Martapura, Duta TV Hadir sebagai salah satu narasumber, mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum RI tahun 2007-2012, Profesor Abdul Hafiz Anshari, banyak memberikan masukan tentang potensi kecurangan pilkada dan strategi untuk menekan pelanggaran maupun kecurangan.

Dia juga memberikan motivasi kepada KPU Banjar dalam acara sosialisasi Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pilgub, Pilbup, serta Pilwali, agar benar-benar menjalankan tugas secara profesional dan berintegritas untuk menjaga marwah KPU dan negara.

Namun demikian, dengan segudang pengalaman sebagai Ketua KPU Kalsel dan Ketua KPU RI, tokoh banua ini tidak mampu menutupi keprihatinannya atas nasib pelaksanaan pemilu maupun pilkada yang cenderung mengalami penurunan atas perilaku transaksional, baik dari peserta maupun warga sebagai pemilik kedaulatan suara.

Menurut analisa Profesor Abdul Hafiz Anshari, kualitas pelaksanaan pemilu dan pilkada terus mengalami penurunan akibat praktik transaksional yang didukung sikap konsumtif masyarakat serta peserta. Kondisi ini dinilai bisa menjadi ancaman bahwa ke depannya pemilu dan pilkada hanya milik orang berduit.

Karena itulah, lanjutnya, langkah tepat untuk membatasi itu dilakukan lewat penegakan hukum, baik oleh Bawaslu maupun aparat kepolisian.

Reporter: Tarida Sitompul

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *