Presiden Jokowi : Biaya Logistik Antar Daerah Masih Mahal

 

DUTA TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan biaya logistik yang tak kunjung turun lantaran ada ketidakseimbangan antara pengiriman barang dari Indonesia bagian barat ke Indonesia bagian timur dan sebaliknya.

“Saya mendapatkan laporan bahwa biaya yang sulit turun karena tidak seimbangnya (pengiriman barang). Ini memang betul terutama dari wilayah timur,” ungkap Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/3).

Ia menyatakan pengiriman barang dari Indonesia bagian barat ke Indonesia bagian timur biasanya terisi penuh. Namun, jumlah pengiriman barang jauh dari Indonesia bagian timur ke Indonesia bagian barat justru jauh berkurang.

 

Bahkan, kata Jokowi, pengiriman barang antar daerah di Indonesia jauh lebih mahal ketimbang ke luar negeri. Ia mencontohkan pengiriman barang dari Jakarta ke Padang, Jakarta ke Medan, Jakarta ke Banjarmasin, dan Jakarta ke Makassar jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya pengiriman dari Jakarta ke Singapura, Jakarta ke Hong Kong, Jakarta ke Bangkok, dan Jakarta ke Shanghai.

 

“Begitu pula biaya pengiriman dari Surabaya ke Makassar, jauh lebih tinggi dibandingkan dari Surabaya ke Singapura. Inilah yang harus dibenahi bersama,” terang Jokowi.

Melihat situasi ini, Jokowi memerintahkan menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk melihat persoalan ini secara komprehensif. Ia meminta ‘pembantunya’ mengecek apakah ada praktik monopoli dalam distribusi barang.

“Apakah masalahnya di pelabuhan, misalnya urusan dengan dwelling time atau ada praktik monopoli di dalam transportasi, dan distribusi barang sehingga biaya logistik tidak efisien,” kata Jokowi.

Sumber : cnnindonesia.com

 

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *