Polisi Grebek Kantor Penagih Pinjol di Kotabaru

Kotabaru, DUTA TVJajaran kepolisian resor Kotabaru menggerebek sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penagihan pinjaman online berinisial PT J.

Penggerebekan berlangsung Senin tadi di salah satu ruko tanpa plang di Jalan Brigjen Hasan Basri Desa Semayap, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru.

Setelah melakukan penggeledahan dan menginterogasi beberapa orang, polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya dokumen perizinan perusahaan, komputer, dan puluhan handphone.

Selain itu sebanyak 38 orang karyawan turut diangkut untuk dimintai keterangan.

Dalam jumpa pers Selasa sore (19/10/2021), Kapolres Kotabaru AKBP Gafur Aditya Siregar mengatakan, PT J baru beroperasi sekitar dua bulan. Perusahaan mengantongi izin usaha sebagai debt collector dan melayani penagihan kredit macet untuk beberapa pinjol.

Caranya dengan menghubungi ribuan nasabah yang berada di berbagai daerah di Indonesia melalui telepon. Yang jadi masalah, perusahaan diduga melakukan pengancaman, intimidasi, hingga penyebaran data pribadi.

“Tidak boleh data seseorang diberikan kepada orang lain, tapi kenapa sampai kepada orang lain, nah apakah ini ulah oknum karyawan atau memang cara kerja yang tidak ditulis dalam SOP tapi dilaksanakan, kita sudah melakukan pemeriksaan ada 40 orang lebih, nanti akan kita umumkan siapa pelakunya apakah korporasi atau perorangan,” ujar AKBP Gafur Aditya Siregar.

Dalam kasus ini Polres Kotabaru menjerat pelaku dengan undang-undang informasi dan transaksi elektronik, undang-undang cipta kerja hingga undang-undang BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk sementara pelaku masih dititik beratkan pada PT J, namun demikian belum ada tersangka yang ditetapkan karena penyelidikan masih berjalan.

Reporter : Nazat Fitriah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *