Poliban Ciptakan Robot Pengantar Makan Pasien COVID – 19

Banjarmasin, DUTA TVTim robotik Politeknik Negeri Banjarmasin, menciptakan robot kendali pengangkut perabot bagi pasien rumah sakit.

Robot ini diciptakan untuk membantu tugas tenaga medis, khususnya bagi pasien COVID-19, dalam mengantarkan jatah ransum, makanan dan obat bagi penderita terpapar virus corona didalam ruang isolasi rumah sakit.

Robot yang diberi nama Antasari dari singkatan Assistant Medical Nurse Healhty RS Islam ini, akan diuji cobakan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin.

Fungsi sederhana penciptaan robot pengantar makan pasien ini, dioperasionalkan dua orang operator dengan remot kontrol, yang digabungkan perangkat smartphone, yang bisa langsung berkomunikasi jarak jauh antara pasien dan perawat melalui video call.

“Tujuan untuk memudahkan tenaga medis dalam pelayanan pasien COVID-19, dari pemesanan bahan selama dua bulan, dan namanya diambil dari salah satu pahlawan nasional Antasari.  Ini jadi kompensasi dari mau ikut kompetisi robotik Indonesia, karena secara daring mereka tidak ikut, dan ini rencananya akan diserahkan di RS Islam Banjarmasin karena kita ada MoU bersama,” kata Joni Riadi, direktur Politeknik Negeri Banjarmasin.

“Jadi robot kami untuk atar makan ke pasien di RS Islam. Cara kerja ada 2 operator, sebagai pembicara dan pengendali. Kami akan edukasi petugas untuk penggunaan. Penggunaan dengan remot control dan dimodifikasi kami sendiri, menggunakan module NRF. Saat ini masih bisa maju mundur, kiri kanan, dan jarak sekitar 100 meter,” ujar Andi Muhammad Alfery kordinator tim robotik Poliban.

Robot karya mahasiswa tim robotik Poliban ini, rencananya akan segera diserahkan kepada manajemen Rumah Sakit Islam, untuk membantu proses pelayanan pasien khususnya yang terpapar COVID-19. Jika pengoperasian tenga robotik ini dinilai efektif dan efisien, Poliban siap untuk memproduksi massal guna keperluan rumah sakit lainnya.

 

Reporter : Fadli Rizki – Nur Kholisoh

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *