Pokdakan Anugerah Panen 3.500 Nila Bioflok

Kandangan, DUTA TV – Sebanyak 3.500 ekor ikan nila dari hasil budidaya sistem bioflok berhasil dipanen oleh kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Anugerah Desa Batang Kulur Tengah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Panen ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan dari sejak awal terbentuknya Pokdakan setempat yang hasilnya terbilang cukup memuaskan.

Bahkan keberhasilan ini pun langsung disambut antusias oleh bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry yang ikut melakukan panen. Ia berharap hasil budidaya tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita berharap Kampung Batang Kulur Tengah ini menjadi kampung bioflok. Kita terapkan karena peminatnya sangat banyak untuk memelihara ikan. Selain ikan nila tadi juga ada lobster, ada gabus juga, ada pepuyu juga. Dan inilah yang kita harapkan, tumbuh dari masyarakat dan posisi pemerintah membantu,”kata Achmad Fikry.

Dengan suksesnya pembudidayaan ikan nila sistem bioflok kali menjadi langkah bagus dalam peningkatan ekonomi masyarakat setempat yang diharapkan dapat berkembang kedepannya. Menurut Wakil Ketua Pokdakan Anugerah Desa Batang Kulur Tengah, Mahyudin, berat ikan yang dipanen mencapai hingga 250 gram per ekor. Sedangkan untuk pemasaran, sudah ada pembeli yang mengambil langsung di tempat.

“Untuk jumlahnya di kelompok ini sekitar 3500 ekor ikan dengan besarnya sekitar 200 sampai 250 gram per ekor. Dan ini baru pertama kalinya dan waktu idealnya kalau pemeliharaannya bagus kisaran 4 sampai 5 bulan. Tapi karena ini kelompok lalu pemeliharaannya agak terlambat sedikit sehingga memakan waktu 6 bulan. Untuk pemasaran kami langsung di tempat dan yang mengambil biasanya dari desa Lokpaikat, Kandangan, Gambah,”ujarnya.

Hingga kini ikan hasil budidaya bioflok Pokdakan Anugerah sudah diminati oleh para konsumen dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah kabupaten hulu sungai selatan.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *