Cuaca Lingkungan

Pohon Ulin ‘’Anak Asuh’’ Dubes Mati

DUTA TV BANJARBARU – Inilah salah satu tanaman bibit pohon ulin anak asuh dari Ms. Alison dari FAO yang sudah pernah disulam atau diganti,

Meski pemerintah provinsi sudah melakukan upaya metode sungkup untuk menyelamatkan bibit pohon ulin milik perwakilan kedutaan besar tersebut, namun kemarau panjang yang terjadi hampir dua bulan terakhir mengakibatkan kekeringan dan harus dilakukan pergantian kembali.

Kepala balai pembibitan Dinas Kehutanan Kalsel Ainun mengatakan, dari 500 bibit pohon ulin di hutan tropis mini, puluhan batang mati terdampak cuaca ekstrim, termasuk milik perwakilan dan para duta besar yang menjadi orangtua asuh.

“Sejumlah upaya sudah kita lakukan, namun pohon ulin merupakan tanaman spesifik yang perlu perawatan khusus, dan nanti akan kita sulam kembali”, jelas Ainun.

Kepala balai pembibitan Dinas Kehutan Kalsel Ainun

Sekedar diketahui penanaman pohon ulin di luar kawasan hutan alami membutuhkan penanganan khusus, termasuk pohon penaung, serta alat sungkup untuk menghindari kontak langsung sinar matahari.

Tetapi, beberapa bibit yang usia tanamnya lebih tua terlihat tetap tumbuh baik dengan pertumbuhan batang mencapai 6 mm pertahun, dan sudah dilepaskan dari sungkup.

 

Reporter : Tarida Sitompul


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *