Pinari Juarai Buah Unik dan Langka

DUTA TV BANJAR – Buah pinari adalah salah satu buah lokal dari Kabupaten Banjar yang mirip dengan buah kasturi.

Yang membedakannya adalah bentuknya yang lebih besar dari buah kasturi.

Tak begitu mengherankan, sebab buah asam pinari ini merupakan persilangan alami dari buah ampalam dan buah kasturi.

Pada Festival Buah Durian dan Pagelaran Buah Eksotis Diobjek Wisata Kiram Park akhir pekan lalu, pinari sengaja diikutkan dalam lomba. Tidak mengecewakan, sebab pinari berhasil meraih juara sebagai kategori buah yang unik dan langka.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Banjar, M. Fachri, dengan menangkan pinari sebagai buah unik dan langka, selanjutnya pihaknya akan menjaga buah – buah langka yang tumbuh di area tugasnya.

“Kita mengikutkan lomba buah eksotik dan alhamdulillah memperoleh juara sebagai buah terunik. Sedangkan duriannya memperoleh juara ke tiga. Ini menjadi motivasi serta kedepan kami dari Dinas TPH Kabupaten Banjar akan melestarikan dan menjaga agar buah langka yang kami miliki agar bisa terus bertahan dan kami juga akan memperbanyak buah langka salah satunya asam pinari,”jelasnya.

Sementara dalam acara Festival Durian tahun ini, Pemerintah Kabupaten Banjar juga mengenalkan beragam buah lokal yang dimiliki, diantaranya buah rambutan, matega, buah tarap dan lainnya.

 

Reporter : Ahmad Revan

 

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *