Petani Semangka Keluhkan Harga Jual Anjlok

Hulu Sungai Selatan, DUTA TV Sudah sepekan lebih warga desa Baruh Jaya, kecamatan Daha Selatan, kabupaten Hulu Sungai Selatan, mulai melakukan aktivitas panen buah semangka.

Meski sudah masuk musim panen, namun para petani semangka terpaksa harus gigit jari, lantaran harga jual buah kali ini jauh menurun dibanding tahun sebelumnya, yakni hanya Rp1.500,- perkilogramnya, yang semula bisa mencapai harga Rp4.000,- hingga Rp5.200,- perkilogramnya.

Anjloknya harga jual buah semangka dikalangan petani ini, ditenggarai akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, sehingga hampir di setiap daerah penghasil semangka panen secara berbarengan.

“Kami disini kalau sudah musim panen tidak bisa ditahan-tahan lagi semangkanya, soalnya semangka ini kalau sudah masanya cukup umurnya itu mau kada mau, murahkah kayapa kah tetap kita bawa, soalnya ini barang buruk pak ae, ya kalau masalah harga kami apadaya lah, mun sudah pasarannya kaya ini pak ae,” ucap Yusuf, salah satu petani semangka Desa Baruh Jaya.

Yusuf

Yusuf

Selain harganya yang anjlok, kualitas hasil panen buah semangka di desa ini juga sangat menurun, dimana buahnya tidak begitu besar seperti biasanya, akibat terendam air.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *