Pesawat Kepresidenan RI Sekarang Merah Putih

Jakarta, DUTA TV — Pesawat Kepresidenan RI (Republik Indonesia) saat ini sedang ramai diperbincangkan publik. Gara-garanya pesawat tersebut berganti kelir, dari awalnya berwarna biru-putih kini menjadi merah-putih.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, pengecatan pesawat bermerek Boeing Business Jet 2 (BBJ2) ini memang sudah direncanakan sejak 2019 lalu. Terkait dengan perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2020.

“Proses pengecatan sendiri merupakan pekerjaan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RJ,” kata dia dalam keterangannya di pemberitaan detikcom sebelumnya, Selasa (3/8/2021).

Sementara dalam dunia penerbangan sendiri warna-warna yang mencolok seperti merah cukup jarang digunakan oleh maskapai. Kebanyakan armada pesawat di seluruh dunia, baik itu pesawat komersil, maupun pesawat kargo, sebagian besar menggunakan warna putih polos yang dikombinasi dengan grafis atau livery.

Seperti dikutip dari News18, warna putih merupakan warna terlaris di pesawat terbang. Bahkan bisa disebut 99 persen pesawat yang mengudara di dunia menggunakan warna netral ini.

Setidaknya ada beberapa alasan, mengapa operator transportasi penerbangan memilih warna putih untuk pesawatnya. Diantaranya  bisa memantulkan panas, biaya pengecatan murah, bisa menghindari serangan burung, mudah terlihat mata penumpang, dan nilai jual kembali lebih cepat.(dtk)

 

Pesawat Kepresidenan RI (dok. @alvinlie21)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *