Pertamina Tuntaskan Pembangunan SPBU Satu Harga, 2 di Kandangan

Jakarta, DUTA TV — PT Pertamina (Persero) berkomitmen menyelesaikan pembangunan lembaga distribusi di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) periode 2017 – September 2020. Hingga saat ini, Pertamina telah menuntaskan pembangunan BBM Satu Harga di 172 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Pulau Maluku-Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera hingga Pulau Jawa.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan pada tahun 2020 Pertamina telah menuntaskan pembangunan BBM Satu Harga di 12 titik dari target 83 titik. Adapun ke-12 titik tersebut tersebar di Sulawesi Tengah (2 titik), Kalimantan Barat (1 titik), Maluku & Maluku Utara (2 titik), Kalimantan Selatan (2 titik), Sumatera Utara (1 titik), NTB (1 titik) dan Papua (3 titik). Sementara 56 titik saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan sisanya dalam proses perizinan.

“Kami optimis akan menuntaskan pembangunan BBM Satu Harga tahun 2020 sesuai yang telah ditargetkan, sehingga akhir tahun totalnya akan mencapai 243 titik. Sementara pada periode 2021 – 2024, sesuai roadmap, Pertamina menargetkan pembangunan BBM Satu Harga sebanyak 247 titik, sehingga total akan mencapai 500 titik BBM Satu Harga,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Kamis (17/9/2020).

Fajriyah menjelaskan lembaga penyalur BBM teranyar yang diresmikan pada Rabu (16/9) berlokasi di Desa Kabun, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Peresmian SPBU 64.712.04 ini merupakan titik BBM Satu Harga ke-3 di Kalimantan Selatan atau ke-37 di Pulau Kalimantan.

Di sisi lain, Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry mengatakan hadirnya SPBU 3T di dua kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan berdampak besar bagi masyarakat. Selain mempermudah akses Bahan Bakar Minyak, SPBU juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Kini, masyarakat bisa menikmati BBM dengan harga yang sama dengan daerah lain. Adapun perubahan harga dari solar dan premium sekitar Rp 10.000, bahkan lebih untuk 1 liter premium atau solar. Dengan adanya SPBU 3T, masyarakat bisa mendapatkan premium seharga Rp 6.450/liter dan solar seharga Rp 5.150/liter.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *