Perkebunan Kelapa Sawit Menjadi Pilar Ekonomi Tala

Tanah Laut, DUTA TV —  Luasan wilayah di Kabupaten Tanah Laut sebesar 33% merupakan perkebunan kelapa sawit. Pengembangan perkebunan sawit berpotensi besar sebagai pilar perekonomian di Kabupaten Tanah Laut. Hal ini disampaikan Bupati H.M. Sukamta saat menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) virtual yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit di Ruang Barakat Setda Tala, Selasa (6/7).

“Saya yakin keberadaan penelitian ini dapat membongkar mata rantai pasok sawit, kemudian kelembagaannya diperkuat maka saya yakin nanti sawit menjadi pilar ekonomi di Tanah Laut,” kata Sukamta.

Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta mengapresiasi para peneliti perkebunan sawit di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

“Kami sangat senang para peneliti meneliti sawit di Tanah Laut, karena sawit memiliki 153 turunan, ketika semua mampu didapatkan, akan memberikan multplier effect kepada para petani kita yang luar biasa, sehingga petani kita tidak hanya jual tandanan tetapi juga akan muncul para UKM baru yang berbahan baku dari sawit,” tutur Sukamta.

Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta juga berharap kesejahteraan petani sawit bisa tetap dipertahankan.

“Kita ada 8 pabrik, jadi di Tala ini Koperasi Sawit Makmur (KSM) bekerja sama dengan PT Batu Gunung Mulia Putra Agro (BGMPA) membangun kelapa sawit, inilah pabrik miliknya petani, sehingga kita berharap pada saat panen raya tidak ada lagi harga sawit yang dipermainkan, karena sudah ada koperasinya sendiri, ada pabriknya sendiri sehingga kesejahteraan petani itu bisa kita pertahankan,” tambah Sukamta.

Pertemuan ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan dari LPPM IPB dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin kepada Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta atas prestasi dan kinerja pengembangan petani swadaya kelapa sawit. Penghargaan tersebut diserahkan oleh perwakilan tim peneliti LPPM IPB dan ULM Banjarmasin Prof. Dr. Ir. Hesty Heryani, M.Si.

Turut berhadir, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Suparmi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Tala H. Akhmad Hairin, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala Faried Widyatmoko, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Tala, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Tala, dan para perwakilan pelaku usaha kelapa sawit se-Tala.

Reporter : Suhardadi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *