Perhatikan Beberapa Hal Ini Untuk Berteman Dengan Orang Introvert

Manusia adalah makhluk sosial yang setiap waktu dimanapun dan kapanpun akan selalu bersinggungan dengan orang lain dan saling memerlukan satu sama lainnya. Uniknya manusia tercipta tidak berada dalam satu  jenis kepribadian saja, melainkan berbagai kepribadian yang berbeda.

Jika termasuk orang yang senang berkomunikasi dan bersosialisasi maka sangat berpeluang bagi kita untuk bertemu dengan lawan bicara yang memiliki kepribadian introvert. Orang introvert terlihat lebih suka menyendiri, pemalu, dan perlu berusaha lebih keras untuk dapat bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain.

Bukan berarti orang tersebut menolak bersosialisasi atau memiliki ketakutan untuk bersosialisasi. Alih-alih, introvert adalah salah satu jenis kepribadian, dengan ciri individu tersebut membutuhkan lebih banyak “energi” untuk dapat terlibat dalam situasi sosialisasi, lekas menjadi letih dan lelah jika berada dalam kelompok yang besar, dan secara teratur membutuhkan waktu untuk memulihkan energi mereka kembali. Orang introvert adalah orang yang peka dan sadar akan keadaan sekitarnya sehingga dapat menjadi teman yang baik.

Lantas bagaimana cara kita menghadapi teman atau lawan bicara yang introvert? 

 

1. Jangan menghakimi

Orang-orang introvert bisa saja terlihat tidak memiliki masalah dalam bersosialisasi, dapat diajak bersenda gurau, cerdas, pandai melakukan presentasi di sekolah, dan mudah diajak bekerja sama. Sifat introvert tidak sama dengan sifat pemalu, kegelisahan sosial, atau sikap menghindar. Hanya karena orang-orang introvert suka menyingkir dari keramaian jika perlu, bukan berarti mereka sekadar berpura-pura menjadi introvert. Pada akhirnya, orang-orang introvert memiliki kebutuhan yang berbeda demi menjaga dirinya sendiri dari orang-orang yang lebih cenderung memiliki orientasi untuk bersosialisasi.

2. Tanyakan kepada orang introvert apa yang dia butuhkan

Cara terbaik untuk mengetahuinya dan bagaimana dapat membantunya merasa lebih nyaman adalah dengan bertanya langsung kepadanya. Memelihara pertemanan adalah hal yang luar biasa, dan tujuan pertemanan adalah mengenal seseseorang, peduli akan dirinya, serta mengingat apa yang disukainya.

 

3. Berikan waktu sendiri kepada orang-orang yang introvert

Peraturan ini penting dan sangat sulit dipahami oleh kebanyakan orang ekstrovert. Orang-orang introvert suka bersosialisasi, tetapi sistem dalam diri orang introvert memang berbeda. Saat mereka marah, kesal, atau letih, mereka perlu memiliki waktu sendiri.

 

4. Pahamilah dan hargailah batasannya

Jangan berusaha memaksa teman introvert untuk berada di suatu tempat atau melakukan sesuatu yang ia benar-benar merasa tidak nyaman.

 

5. Lakukan komunikasi

Carilah cara komunikasi yang lain yang tidak membuat orang introvert kelelahan, selain langsung berbicara dengannya. Beberapa orang introvert lebih mudah berbicara lewat internet atau komunikasi nonverbal, seperti pesan teks.

 

6. Dengarkan

Mendengar adalah bagian terpenting dalam pertemanan. Penting untuk benar-benar mendengarkan teman-teman yang memiliki kualitas introvert karena mereka mungkin tidak merasa nyaman untuk sering-sering mengekspresikan diri mereka sendiri.

 

7. Lakukan prinsip memberi dan menerima dengan tulus

Salah satu tanda pertemanan sejati adalah saling memberi kebebasan dan jujur.

 

8. Pahami preferensinya

Orang-orang introvert biasanya lebih suka menghabiskan waktu untuk bekerja dan berada di rumah sendiran atau ada dalam kelompok yang kecil. Mereka juga lebih suka melakukan pekerjaan satu per satu dan menghabiskan waktu mereka di situ, daripada melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan.

 

9. Jadilah seorang teman yang baik

Dengan memberikan dorongan yang jujur dan memberi ruang untuk teman introvert agar merasa nyaman menjadi dirinya sendiri, kita dapat menjadi teladan sebagai seseorang yang menjaga dan menerima dia apa adanya.

Dengan menjalankan langkah-langkah tersebut dapat mempermudah kita untuk berteman dan sosialisasi dengan orang yang introvert, sehingga dapat saaling menghargai satu sama lain agar tercipta pertemanan yang damai dan nyaman untuk  dijalani bersama satu sama lain.

 

Penulis : Aisyah Irya
Ig :@aisyahirya


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *