Penumpang Kapal Laut Wajib Ikut Pemeriksaan GeNose C19

Banjarmasin, DUTA TVTerminal penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, mulai Jumat siang (23/04/2021), membuka pelayanan pendeteksi Covid-19, dengan alat GeNose C19. Hal tersebut untuk menghindari penularan virus corona saat berada dalam kapal.

Metode GeNose sendiri cukup mudah, yakni hanya dengan menghembuskan udara dari mulut kedalam kantong plastik yang sudah disediakan petugas.

Lihat Juga :  Kalsel Kembali Perpanjang PPKM Mikro Terhitung 20 April

Kemudian hembusan udara atau nafas yang ada di kantong itu, langsung diletakan ke alat yang bernama GeNose C19. Tak perlu menunggu waktu lama, hanya sekitar 3 menit, calon penumpang sudah bisa mengetahui hasilnya.

alat memeriksa hasil dari calon penumpang (foto:duta tv)

alat memeriksa hasil dari calon penumpang (foto:duta tv)

Pihak pelabuhan sendiri menyediakan 200 kantong, perhari untuk calon penumpang kapal di pelabuhan ini. Untuk harga melakukan skrining atau pemeriksaan awal Covid-19 melalui metode ini pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp30.000,-.

Lihat Juga :  Bukan Hanya India, Varian Corona Afrika Sudah ke RI

“Ingin berpartisipasi memutus penyebaran Covid-19, harapannya dengan adanya pemeriksaan di terminal penumpang yang masuk kekapal sudah negatif Covid-19,” kata Wahyu eko yulianto, regional menager SDM dan umum PT Pelindo regional Kalselteng.

Terkait adanya larangan mudik dari pemerintah pusat, pihak pelabuhan atau Pelindo sudah melakukan antisipasi, agar penumpang tidak melakukan perjalanan mulai tanggal 6 Mei mendatang, dengan berbagai sosialisasi. Namun untuk kapal pengangkut barang tetap akan beroperasional.

Lihat Juga :  India : Terimakasih Indonesia atas Tabung Oksigennya

Reporter : Zein Pahlevi

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *