Penggunaan BPJS Kesehatan Menurun Selama COVID-19

Banjarmasin, DUTA TV — Pandemi COVID-19 turut berdampak pada berkurangnya peserta BPJS Kesehatan yang berobat ke fasilitas kesehatan, khususnya bagi penderita sakit yang bisa ditunda untuk diperiksakan, termasuk penyakit non COVID-19.

Hal ini diungkapkan deputi direksi BPJS Kesehatan wilayah Kalimantan Timur, Tengah, Selatan dan Utara atau Kaltimtengseltara, Prio Hadi Susatyo, di NGOPI bareng JKN, bersama media se-Kalimantan Selatan di Banjarmasin baru-baru tadi.

Lihat Juga :  Meninggal Positif Corona, Bupati Berau Dimakamkan di Balikpapan

Menurut Prio, penurunan hingga 40% di bulan Maret, April dan Mei. Namun kini mulai naik dan diperkirakan akan normal diakhir 2020. Sementara, untuk mendongkrak pemanfaatan oleh peserta BPJS Kesehatan, pihaknya menyediakan konsultasi online.

“Memang sedikit banyak dengan ada wabah ini membawa dampak kepeserta, sampai Juni turun, Juli mulai naik lagi,” ucap Prio Hadi Susatyo.

Lihat Juga :  250 Atlet dan Pelatih Kalsel Jalani Tes Swab

Akibat pandemi COVID-19, juga banyak peserta yang menunggak iuran JKN KIS, baik perorangan maupun perusahaan. sedangkan bagi penunggak diberikan keringanan, untuk mencicil tunggakan hingga 2021.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *