Pengguna Aplikasi Todak Online Masih Sepi

DUTA TV KOTABARU – Pembuatan berbagai dokumen kependudukan di kabupaten Kotabaru kini bisa diurus dari jarak jauh, hal ini setelah diluncurkannya aplikasi Transformasi Dokumen Administrasi Kependudukan Online atau Todak online.

Warga tak perlu lagi datang ke kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil setempat, dan hanya cukup memasukkan berkas melalui aplikasi yang dapat diunduh di telepon pintar ini.

Meski demikian, sudah lebih sepekan setelah diluncurkan pengguna aplikasi Todak online ternyata masih sepi, ini terlihat dari jumlah pemohon yang masih jauh di bawah kuota yang disediakan yakni 50 pemohon untuk setiap jenis dokumen perharinya, hal ini ditengarai karena masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

Warga yang datang ke loket pelayanan di kantor disdukcapil kabupaten Kotabaru pun tetap ramai seperti biasa, terutama pada hari Senin dan Jumat yang rata-rata mencapai 200 an.

“Jadi saat ini dari yang kita lakukan evaluasi berjalan baik, hanya mungkin kami perlu lebih melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait aplikasi ini, karena dari kuota yang disediakan masih sedikit yang menggunakan, tidak sampai 50 per item, mungkin sosialisasi kami yang belum maksimal,” terang Ahmad Fitriadi, kepala disdukcapil kabupaten Kotabaru.

Ahmad Fitriadi, kepala disdukcapil kabupaten Kotabaru

 

Aplikasi Todak online yang baru diluncurkan pertengahan bulan Juni 2019 tadi, merupakan implementasi peraturan menteri dalam negeri nomor 7 tahun 2019.

Pada awal 2020 disdukcapil seluruh Indonesia ditargetkan telah menerapkan digitalisasi layanan administrasi kependudukan guna menciptakan pelayanan yang efisien.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *