Pengawas Akan Berlakukan Sampling Verifikasi Faktual

DUTA TV BANJARMASIN – Pencalonan perseorangan yang saat ini sudah memasuki tahap verifikasi administrasi hingga akhir Maret ini, akan dilanjutkan pada verifikasi faktual oleh penyelenggara pemilu.

Kini penyelenggara pemilu akan mengecek 100{5b1a8e93fac51023fbcea5a31a1f1c34877e15d45a6e19a88118d1d7c5787696} data dukungan, yang sudah diserahkan dalam berkas copy E-KTP dan formulir pada April nanti.

Pada proses ini badan pengawas pemilu juga akan memberlakukan pengawasan melekat serta uji sampling, hal itu dilakukan guna memastikan legitimasi pencalonan non Parpol, yang murni berdasarkan syarat dukungan warga pemilih.

“Selain laksanakan pengawasan melekat, dukungan perseorangan kita akan laksanakan sampling, memastikan dan jika kami lakukan sampling orang, tidak didatangi itu jadi masalah, jika tidak dilaksanakan professional itu ada sanksi, sampling juga akan dilaksanakan dengan professional supaya tidak ada hal yang mengakibatkan verifikasi terganggu dalam artian sanggahan,” ucap Rahmadiansyah Anggota Bawaslu Banjarmasin

“Hari ini undang panwascam dan kelurahan yang baru, tujuan persiapkan hadapi pengawasan pilkada, terkait pengawasan dukungan perseorangan di lapangan kepadapen dukung, terkait dengan pemutakhiran data pemilih, perlu tambah kapasitas untuk pemahaman pengawasan yang komprehensif,”ujar M. Yasar Ketua Bawaslu Banjarmasin

M. Yasar (kanan) Ketua Bawaslu Banjarmasin

M. Yasar (kanan) Ketua Bawaslu Banjarmasin

Pasca tahapan verifikasi faktual proses akan berlanjut pada tahapan pemutakhiran data, pemilih yakni pencocokkan dan penelitian atau Coklit.

Reporter : Fadli Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *