Pemulihan Ekonomi Pada Kuartal lll 2020

Jakarta, DUTA TV — Ekonomi Indonesia mulai menunjukkan tren pemulihan di kuartal ketiga 2020, setelah dua kuartal berturut-turut mengalami tekanan besar akibat pandemi COVID-19. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada di antara minus 1,7 hingga 0,6%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam webinar di Jakarta, 19 November, menjelaskan titik balik pemulihan ekonomi terlihat dari sisi produksi. Di sisi lain terdapat tiga sektor yang tetap mengalami pertumbuhan positif meski terdampak COVID-19.

“Kalau kita lihat di kuartal ketiga kita melihat dari seluruh sektor ekonomi, terjadi pembalikan. Tiga sektor mengalami positif growth meskipun dalam situasi COVID-19, yaitu sektor pertanian, sektor informasi dan komunikasi, dan juga sektor jasa kelautan,” kata Sri Mulyani Indrawati – Menteri Keuangan

Sektor informasi dan komunikasi tumbuh sebesar 10 persen, jasa kesehatan melonjak 15 persen, dan sektor pertanian tumbuh stabil pada angka 2 persen. Sedangkan sektor-sektor yang mengalami tekanan sangat dalam di kuartal kedua antara lain industri pengolahan, perdagangan, transportasi, konstruksi, dan perhotelan.

Menkeu menjelaskan kelima sektor tersebut sudah mulai menunjukkan pembalikan meskipun masih tumbuh di zona negatif. Sementara sektor pertambangan dan jasa keuangan masih mengalami tekanan di kuartal ketiga 2020.(ant/afr).

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *