Pemprov Kalsel Terima Penghargaan Tri Indriya Mandrawa

Banjarbaru, DUTA TV — Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menerima penghargaan ‘Tri Indriya Mandrawa’ dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Penghargaan diserahkan saat Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh 2021 yang dilaksanakan secara virtual, pada hari Rabu, (27/1/2021).

Penghargaan ‘Tri Indriya Mandrawa’ diserahkan oleh Kepala LAPAN, Prof. Thomas Jamaluddin kepada Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira sebagai pengguna informasi penginderaan jauh terbaik ketiga pada kategori pemerintah provinsi.

Dalam acara ini, LAPAN juga menyerahkan Data Mozaik Citra Satelit Landsat 8 Tahun 2019-2020, Citra Satelit Spot 6 dan 7 Tahun 2019-2020, dan Citra Satelit Pleiades Tahun 2020 kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan.

Tema yang diusung adalah  Inovasi Pemanfaatan Teknologi Satelit Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kota, Pemantauan Hutan dan Kebencanaan.

Acara penghargaan ini dilaksanakan secara berkala setiap tahun dan diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang aktif memanfaatkan data dan informasi penginderaan jauh selama Tahun 2020.

Nurul Fajar Desira mengungkapkan, penghargaan ‘Tri Indriya Mandrawa’ diberikan kepada Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan karena dianggap aktif berkolaborasi dengan LAPAN dalam penyediaan, pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk menganalisa berbagai permasalahan dan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam perencanaan berbasis kewilayahan di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Khususnya terkait permasalahan kerawanan bencana seperti banjir dan karhutla, serta permasalahan tata ruang dan tutupan lahan,” ujar Fajar.

Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan juga telah menerima data penginderaan jauh dalam rangka mengidentifikasi genangan banjir yang terjadi pada Tahun 2020 maupun yang baru terjadi pada awal Tahun 2021.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *