Pemkab Tala Fokus Stunting Untuk Pertumbuhan Anak

Tanah Laut, DUTA TV — Upaya dalam percepatan untuk menangani stunting perlu diadakan kerjasama dan diadakannya koordinasi dengan harapan angka stunting di Kabupaten Tanah Laut (Tala) menurun.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Tala H. M. Sukamta dalam amanatnya yang diwakili oleh Akhmad Hairin Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda Tala) saat membuka Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Tanah Laut 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pencerahan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kamis (19/8).

Mengingat Tanah Laut pada Tahun 2021 menjadi locus stunting, maka kegiatan rembuk stunting ini dimaksudkan untuk menghasilkan komitmen bersama percepatan penurunan stunting. Selain itu bertujuan khusus menyampaikan jumlah kasus dan prevalensi stunting serta perbaikan intervensi.

Dijelaskan dalam kegiatan rembuk stunting ada 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi yaitu analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, Perbup/Perwali Kewenangan Desa, Pembinaan Kader Pembangunan Masyarakat, manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting, dan review kinerja tahunan.

Aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendekatan pelaksanaan program dan perilaku lintas sektor agar program dan kegiatan intervensi gizi dapat digunakan oleh keluarga sasaran yaitu Rumah Tangga 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dengan lebih efektif.

Selanjutnya Akhmad Hairin menyampaikan bahwa penanganan stunting di Tala harus dilaksanakan dengan serius sebab stunting akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

“Tidak hanya permasalahan gizi dan memberi pengaruh pada kesehatan anak, tapi pencegahan stunting ini sangatlah penting agar generasi penerus Tanah Laut bisa tumbuh dengan normal,” ujar Akhmad Hairin.

 

Reporter : Suhardadi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *