Pemerhati Lingkungan dan DLH Kembangkan Kampung Ramah Gas Rumah Kaca

Banjarmasin, DUTA TV — Demi menekan suhu bumi yang terus meningkat akibat pemanasan global, pemerhati lingkungan bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup kota Banjarmasin, berinisiatif membentuk dan mengembangkan kampung ramah gas rumah kaca.

Bersama warga Jalan Veteran, Komplek A Yani 1 pihak pemerhati dan DLH kota Banjarmasin, mencoba mengembangkan program tersebut, dengan metode penghijauan dan kebersihan lingkungan.

Dalam kampung ramah gas rumah kaca, warga nantinya diharapkan bisa memanfaatkan halaman rumah untuk penghijauan, agar lingkungan terlihat bersih.

Di program ini, pemerhati lingkungan yakni Bambang Karyanto sebagai penggagas juga menyiapkan sekitar seribu 500 bibit pohon yang akan dibagikan kepada warga kampung ramah GRK.

“Tujuan hari ini untuk menyadarkan kembali warga untuk mencintai lingkungan dan beberapa bulan lalu kita mendapat musibah. Jadi dengan ini kita ingin menyadarkan warga untuk menjaga lingkungan, jadi sekarang ibu-ibu biasanya lebih dekat dengan sampah jadi intinya inisiatif saya untuk menjaga lingkungan dan alhamdulillah disambut baik oleh DLH,” kata Bambang Karyanto Pemerhati Lingkungan.

“Jadi ini program gerakan dari masyarakat yang ingin menjadi kampung ramah GRK. Dimana kampung ini tidak ikut andil untuk peningkatan suhu bumi, jadi ini nanti kita akan menggiatkan penanaman pohon dan lainnya dan kampung ini harus bersih,” ujar Wahyu Hadi Cahyo Kabid Pengawasan DLH Kota Banjarmasin.

Sementara itu, dalam  kampung ramah gas rumah kaca para warga juga kembali dituntut mengaktifkan atau membuat bank sampah demi menjaga kesebersiahan dan memanfaatkan sampah.

Reporter : Ade Yanuar

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *