Pedagang Siap Lakukan Pengurangan Plastik

DUTA TV BANJARMASIN – Menanggapi wacana Pemerintah Kota Banjarmasin terkait pengurangan penggunaan plastik disambut baik oleh sejumlah  pedagang maupun pembeli di pasar.

Meskipun belum menerima informasi adanya pengurangan penggunaan plastik,  sebagian pedagang dan pembeli di pasar tradisional Pasar Sehat Teluk Dalam Muara mengaku siap untuk menerapkan peraturan tersebut.

Pasalnya pengurangan penggunaan plastik bisa mengurangi pengeluaran pedagang untuk membeli plastik saat membungkus barang- barang mereka yang dibeli oleh pembeli. Meskipun pengeluaran dari pembelian kantong plastik tidak terlalu banyak, namun dinilai cukup membantu pedagang.

Selanjutnya pedagang dan pembeli berharap, dengan adanya peraturan itu, pemerintah juga menyediakan pengganti kantong plastik, agar tidak merepotkan para pembeli saat berbelanja.

“Bagus – bagus aja, sih. Tergantung pembeli aja. Pembelinya harus siap membawa tempat sendiri. Jadi harus disosialiasikan dulu ke pembelinya. Setuju aja dengan program ini untuk mengurangi beban orang yang berjualan,”ujar Suwanto, salah seorang pedagang.

Sedangkan dari pihak pembeli juga mendukung program pengurangan penggunaan kantong plastik tersebut.

“Kita fleksibel aja. Kalau dikurangi kemungkinan bisa tapi kalau dihapus jangan, karena kita masih menggunakan kantong plastik,”kata seorang pembeli, Setia Rohani.

Penghapusan penggunaan kantong plastik di seluruh pasar modern di Kota Banjarmasin sudah berlangsung sejak 2016 lalu. Meskipun sempat menuai pro kontra namun saat ini masyarat sudah mulai terbiasa dengan aturan tersebut.

 

Reporter : Zein Pahlevi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *