Pasar Kasbah, Riwayatmu Kini

Banjarmasin, DUTA TVSebagian warga kota Banjarmasin pasti sudah tidak asing lagi dengan Pasar Kasbah.

Beberapa kali pindah dan direlokasi sejak kehadirannya di tahun 90-an, pasar barang loak atau pasar barang bekas ini kini menetap di  salah satu blok yang ada di Pasar Sentra Antasari.

Bagian tengah blok pasar ini suasananya agak berbeda, terlihat dari blok-blok lainnya. Seiring waktu, keberadaan pasar ini seolah kian terpinggirkan.

Los-los kosong memang mewarnai blok yang satu ini. Yang kita jumpai disini hanya pedagang barang bekas wara-wiri duduk di atas lapak yang kosong hingga pojokan gedung.

Lihat Juga :  Milik Swasta, Blok Pasar Ujung Murung Yang Ambruk Belum Bisa Direvitalisasi

Terdapat pula lorong-lorong yang sering jadi buah bibir masyarakat. Kesan gelap, hingga toko yang sudah tak terawat tampaknya menjadi ciri khas dari lokasi ini.

Benar saja, pengujung yang datang kesini akan disambut dengan suara musik yang bersahut-sahutan.

Kata pedagang disini sedikitnya ada sepuluh live music yang menemani pengunjung setiap harinya. dentuman suara musik kerap kali membuat pengunjung yang datang harus berbicara dengan nada lantang. Sayangnya, kawasan ini terlalu tertutup bagi mata kamera.

Lihat Juga :  500 Dosis Vaksin Sasar Pedagang Sentra Antasari

Meski demikian, dari berbagai tantangan moderenitas yang kian membelit pasar ini, masih ada beberap pedagang yang bertahan. Selain menawarkan baju bekas, barang elektronik juga dapat ditemui di tempat ini, bahkan guci-guci unik peninggalan zaman dulu. Pedagang mengaku jika mereka menjualnya dengan harga murah.

“Saya berjualan sekitar 30 tahun, yang saya jual ada sepatu, tapih, rata rata barang second, ada harga Rp50.000 sampai Rp20.000,-, nukar jua dari masyarakat, barangnya ada aja yang layak. Pas pandemi Corona ini lebih sunyi, dan omset tidak bisa diharap,” keluh Johansyah, salah seorang pedagang.

Lihat Juga :  Harga Cabai Rawit di HSS Turun

Meski barang disini terkenal dengan istilah second hand, namun tak sedikit pedagang yang berkunjung untuk membeli.

Nah bagaimana ? Apa anda juga tertarik berkunjung ke tempat ini, untuk sekedar bernostalgia atau melihat sisi uniknya, atau mencari barang-barang bermerek yang dijual murah. Jam operasional blok Kasbah ini sendiri sama seperti blok lainya, yaitu Senin hingga Minggu dari pagi hingga sore hari.

Reporter : Nina Megasari – Ade Yanuar

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *