‘Pampangan’ Sungai Tahun Ini Dinilai Cukup Parah

Eceng Gondok menghalangi aliran sungai Martapura (foto : sosial media)

Banjarmasin, DUTA TV Sampah sungai berupa eceng gondok dan batang pohon yang terlihat di Sungai Martapura, tepatnya di bawah Jembatan Antasari saat ini terus ditangani oleh pemerintah Kota Banjarmasin bersama Balai Sungai Kalimantan III.

Melalui satuan kerja balai sungai diakui jika sampah atau biasa disebut pampangan tahun ini cukup sulit untuk dibersihkan. Pasalnya tak hanya eceng gondok, pampangan tersebut juga berupa bantang pohon yang masih keras sehingga sulit untuk diangkat oleh kapal sapu-sapu.

Balai sungai mengaku akan bekerja sama dengan Pemko Banjarmasin terkait operasional pembersihan sungai secara manual melalui pasukan turbo.

“Operasional kapal sapu-sapu selama 7 jam sehari, dan sudah beroperasi sejak Januari lalu. Kapal sapu-sapu itu paling pas untuk eceng gondok, kemungkinan kita akan bekerjasama dengan Pemko untuk pembersihan secara manual,” ujar Nova, Satker Balai Sungai Kalimantan III.

Diketahui beberapa hari terakhir, pampangan tersebut menutup arus lalu lintas Sungai Martapura tepatnya di kawasan Jembatan Antasari yang menyebabkan transportasi kelotok tak bisa lewat.

Reporter : Nina Megasari

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.