Paman Birin Kagum dan Teladani Jenderal Soedirman

Banjarmasin, DUTA TV —  Setiap momentum Hari Pahlawan 10 November tiba,  Sahbirin Noor (Paman Birin) selalu terkenang dengan sosok Jenderal Soedirman, panglima besar yang pernah dimiliki Republik Indonesia.

Sosok pahlawan nasional itu begitu menginspirasi Calon Gubernur Kalsel No Urut 01 ini. Jenderal Soedirman menjadi panutan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Ungkapan Jenderal Soedirman “Tempat terbaik saya di tengah-tengah anak buah’’ begitu memotivasi Paman Birin ketika mengemban amanah rakyat dalam memimpin banua. Hal itu diimplementasikannya dengan  selalu berada di tengah-tengah rakyat.

Paman Birin mengaku ia adalah pengagum berat Jenderal bintang lima itu. Sosok pahlawan nasional yang meninggalkan jejak kegigihan dan semangat pantang menyerah. Baik dalam memimpin pasukan, berorganisasi, bermasyarakat dan bernegara.

“Beliau sangat dihormati, bijaksana, tegas, tokoh pemersatu, dan kesatria. Perjalanan hidup Jenderal Soedirman penuh keteladanan. Semangatnya mempertahankan kemerdekaan patut ditiru,” kata Paman Birin.

Kembali ia mengutip kata-kata Jenderal Soedirman, “Hendaknya perjuangan kita harus didasarkan pada kesucian. Kami percaya bahwa perjuangan yang suci itu senantiasa mendapat pertolongan dari Tuhan,”ungkapnya.

Momen Hari Pahlawan bagi suami Raudatul Jannah,  jangan dijadikan seremonial belaka. Banyak hikmah yang bisa dipetik untuk menjalani kehidupan ini.

“Kita jadikanlah Hari Pahlawan untuk menggerakkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam aksi nyata,’’ ucapnya.

Ia mencontohkan, aksi-aksi nyata tersebut seperti menolong sesama warga terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Semangat kepahlawanan juga dapat ditunjukkan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama banua.

“Mari kita maknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun banua tercinta ini dengan profesi masing-masing,’’ pungkasnya.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *