Modus Calo Masuk Akpol Dibongkar, Korban Tertipu Rp1,35 Miliar

DUTA TV BANJARMASINTim gabungan Subdit III Jatanras dan Subbid Paminal bidang Propam Polda Kalsel mengungkap kasus tindak pidana penipuan senilai Rp1,35 Miliar Rupiah berkedok calo seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol).

Terungkapnya kasus penipuan bermula saat korban yang langsung ditindaklanjuti oleh tim Kasubdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum bersama Subbid Paminal Bidang Propam Polda Kalsel.

Dari hasil penangkapan, Polisi mengamankan 2 terlapor berinisial IR dan IL. Untuk tersangka IR sendiri diamankan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, sementara IL di daerah Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan.

Dari penyelidikan Kepolisian tersangka IL kini berstatus tersangka yang ditangani Polda Banten, dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi yang kasusnya memasuki tahap II di Kejari Serang.

“Saya jelaskan terkait dengan kasus percaloan seleksi Taruna Akpol, korban dengan TSK 1 dari 1 Januari lalu. Berlanjut pada bulan Juli korban PT menyerahkan uang 1 Miliar Rupiah kepada TSK IR dengan janji menjamin memasukanannya menjadi taruna Akpol, berinisial IL menghubungkan dengan panitia pusat meminta dana Rp200.000.000,- dan Rp100.000.000,- total kerugian Rp1,35 M ” Kata Kombes Pol M Rifai Kabid Humas Polda Kalsel.

Kombes Pol M Rifai Kabid Humas Polda Kalsel

Kombes Pol M Rifai Kabid Humas Polda Kalsel

Dari rentetan kasus tersebut, korban sempat menyerahkan uang 1 Miliar yang diberikan kepada pelaku tak berselang lama, pelaku kembali meminta uang tambahan operasional sebesar Rp200.000.000,- dan terakhir pelaku meminta lagi uang Rp150.000.000,-  sehingga total kerugian korban mencapai Rp1,35 Miliar.

Reporter : Mawardi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *