Menkop Dorong Pelaku Koperasi Melek Digital

Bandung, DUTA TV — Menteri koperasi dan UKM Teten Masduki, meluncurkan pencanangan gerakan inovasi dan transformasi digital koperasi (idxcoop) di kota Bandung, Kamis 19 November gerakan tersebut sebagai upaya untuk mendorong para pelaku koperasi dan UMKM melek terhadap keunggulan digital.

Teten mengatakan, gerakan tersebut menjadi momentum untuk merespons era digital bagi pelaku koperasi dan UKM, gerakan serta inovasi transformasi digital sebagai upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntanbilitas agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang optimal.

Menurut Teten, hingga kini koperasi masih minim yang memanfaatkan sistem digital dalam pengelolaan dan pemasaran, pasalnya dari 123.048 unit koperasi baru 906 unit atau 0,73% yang memanfaatkan sistem digital.

“Ingin semakin banyak koperasi yang terhubung ke ekosisitem digital. Saya kira kita harus mentrasformasi koperasi, UMKM, menggunakan teknologi digital dalam pelayanan anggota, bisnis prosesnya supaya lebih efisien. Dan sekarang uu cipta kerja memungkinkan koperasi dalam sekala nasional,” ucap Teten

Teten menambahkan, pemanfaatan digitalisasi bukan berarti meninggalkan jati diri koperasi atau dianggap bertentangan dengan asas koperasi, jika ada keengganan maka mereka akan gagal menumbuhkan kinerja bisnis, oleh karena itu Teten mendorong modernisasi model bisnis koperasi untuk bisa bersaing.(ant/dia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *