Menhub : Yang Mudik Jangan Buru-buru Balik. Kenapa ?

Jakarta, DUTA TV Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik jangan buru-buru meninggalkan kampung halaman usai lebaran 2024.

“Pulangnya (meninggalkan kampung halaman) lebih akhir. Cuti (cuti bersama lebaran 2024) atau libur (sekolah) anak-anak itu 4 April sampai 16 April (2024). Jadi, memungkinkan kepulangan itu lebih awal dan kembalinya lebih akhir, dan ini bisa meningkatkan ekonomi di daerah,” ucap Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

Selain meminta pemudik jangan terlalu cepat meninggalkan kampung halaman, Budi menyarankan warga untuk lebih dahulu mudik. Ia memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 dan H-2 lebaran 2024.

Jika Hari Raya Idulfitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024, maka H-3 lebaran jatuh pada 7 April 2024. Sedangkan H-2 yang juga diprediksi sebagai puncak arus mudik berarti terjadi pada 8 April 2024.

“Bapak Presiden (Joko Widodo) menganjurkan kita mudik lebih awal. Hari ini H-10 (lebaran), H-10 sampai dengan H-5 itu relatif masih banyak tiket dan kesempatan. Oleh karena itu, karena anak-anak libur, kita mengimbau supaya tekanan mudik pada H-4 dan H-3 (puncak mudik H-2) itu bisa dikurangi,” jelasnya.

Kemenhub membuat posko mudik di beberapa titik selama 3 April 2024-18 April 2024. Ia mengatakan para jajarannya bisa memantau kepadatan kepulangan para warga Indonesia ke kampung halaman secara realtime dan online.

Ia mengatakan Presiden Jokowi berulang kali berpesan kepada dirinya dan menteri-menteri lain untuk betul-betul mengamankan mudik lebaran tahun ini. Terlebih, terjadi lonjakan pemudik hingga 193,6 juta orang di 2024 ini.(cnni)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *