Mengapa Terumbu Karang Buatan Lebih Baik dari yang Alami ?

Jakarta, DUTA TV Terumbu alami yang mendukung ekosistem dan menjaga laut tetap sehat, menghilang karena perubahan iklim.

Sekarang, para peneliti mengklaim bahwa terumbu buatan lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan dalaut terumripada yang terbentuk secara alami.

Faktanya, terumbu buatan manusia membantu meningkatkan populasi spesies ikan di New South Wales Australia.

Kesehatan terumbu karang ditentukan oleh kemampuannya untuk menarik ikan umpan dan pemangsa. Studi baru dari Australia mengklaim bahwa terumbu buatan tidak hanya berdiri lebih tinggi dari terumbu alami, tetapi juga lebih tahan lama, seperti yang dikutip dari India Times, Kamis (7/10/2021).

Wilayah Australia di New South Wales akan segera mendapatkan terumbu buatan kesembilannya untuk melawan penipisan alami terumbu karang di sepanjang pantai Australia, termasuk kerusakan yang terjadi pada Great Barrier Reef.

Dengan pemutihan karang massal yang sedang berlangsung, terumbu buatan dapat membantu melindungi ekosistem dan mencegah gelombang berkekuatan tinggi menghantam pantai, mirip dengan terumbu alami.

Studi ini dilakukan oleh para profesor di Fakultas Ilmu Biologi, Bumi dan Lingkungan Universitas New South Wales di mana para ilmuwan saat ini mengamati manfaat terumbu buatan dibandingkan dengan terumbu alami.

“Karena terumbu alami terkikis dan luntur, mereka tidak memiliki relief vertikal itu,” kata Dr Suthers.

Dengan temuan ini, terumbu karang buatan bisa menjadi norma di Australia dan di tempat lain di mana terumbu karang yang terbentuk secara alami saat ini sedang sekarat karena pemutihan yang disebabkan oleh perubahan iklim.(lip6)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *