Medsos Jadi Salah Satu Pemicu Meningkatnya Kasus Bunuh Diri

DUTA TV MARTAPURA – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menghadiri seminar tentang orang dengan gangguan jiwa, serta kasus bunuh diri, termasuk dari kalangan remaja.

Kasus bunuh diri semakin banyak terjadi di masyarakat, akibat beragam problema hidup yang dihadapi korban, ironisnya kasus itu juga terjadi di kalangan  remaja, karena para korban merasakan kesepian dalam hidup dan penggunaan telepon seluler.

Menurut direktur rumah sakit jiwa Sambang Lihum Ig Dharma Putera, kasus bunuh diri dilatarbelakangi trend hidup kesepian termasuk paradoks penggunaan media sosial di masyarakat.

“Untuk peringatan hari kesehatan jiwa se-dunia, kita fokus mendiskusikan bunuh diri”, tutur Ig Dharma Putera.

direktur rumah sakit jiwa Sambang Lihum, Ig Dharma Putera (kanan), bersama Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor (kiri)

“Penyebab orang bunuh diri itu ada ciri-cirinya” ungkap Thahyanti Ketua Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) Pusat.

Untuk menghindari terjadinya korban bunuh diri, orangtua dan keluarga diharapkan harus memperhatikan ciri-ciri, dan yang lebih efektif meningkatkan hubungan komunikasi dengan keluarga.

 

Reporter : Tarida Sitompul

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *