Mantan Kades Ambawang dan Oknum Kontraktor Ditetapkan Tersangka Korupsi

Tanah Laut, DUTA TV Kejaksaan negeri Tanah Laut menetapkan 2 tersangka kasus penyalahgunaan anggaran dana desa Ambawang kecamatan Batu Ampar pada Jumat (04/09) siang.

Kedua tersangka berinisal S yang merupakan mantan kepala desa Ambawang, serta PA selaku kontraktor pelaksana perbaikan jalan usaha tani di desa Ambawang.

Kedua tersangka diduga melakukan penyelewengan anggaran dana desa Ambawang tahun 2017 sebesar 800 juta rupiah lebih untuk pembangunan jalan usaha tani di desa Ambawang.

Namun setelah diaudit oleh inspektorat Pemkab Tanah Laut, realisasi pengerjalan jalan usaha tani hanya senilai 455 juta rupiah, sehingga negara dirugikan sbesar 345 juta rupiah.

Dalam perkara dugaan penyelewengan anggaran dana desa Ambawang, pihak Kejaksaan Negeri Tanah Laut telah memeriksa 12 orang saksi, kemudian menetapkan dua orang tersangka yang merupakan mantan kades dan oknum kontraktor.

“Potensi kerugian negara Sebesar 345 juta. 2 tersangka S sebagai mantan kades ambawang dan PA pelaksana proyek jalan usaha tani,” ucap Bersy Prima KSI Pidsus Kejari Tanah laut.

Sebelum dilakukan penahanan oleh Kejaksaan Negeri Tanah Laut, kedua tersangka sebelumnya menjalani pemeriksaan kesehatan serta dilakukan uji SWAB. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, keduanya akan ditahan selama 20 hari hingga 40 hari kedepan, guna proses hukum lebih lanjut.

Reporter : Suhardadi

  1. Tlng juga diusut penggunaan anggaran untuk Desa Desa yang lain diwilayah Tala. Karena kalo dilihat dari realita pada tahun tahun tersebut sangat banyak terjadi penyelewengan anggaran dana Desa.
    Dalam hal ini saya merekomendasi penelusuran untuk Desa Bingkulu Kecamatan Tambang Ulang. Dari pengamatan kami sabagai warga banyak kejanggalan dlm pengerjaan proyek baik itu fisik maupun non fisik selama dua periode jabatan kepala desa yg telah lewat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *