Malam Arba Musta’mir Ratusan Warga Pandahan Tolak Bala

DUTA TV TANAH LAUT – Ratusan warga desa Pandahan, kecamatan Bati-Bati mengikuti ritual tolak bala dengan berkeliling kampung di malam Arba Musta’mir, pada akhir bulan Safar. Prosesi tolak bala dengan berjalan kaki keliling kampung sambil membaca sholawat burdah, tolak bala kali pada malam Arba Musta’mir cukup menarik perhatian pengguna jalan dan warga sekitar.

Sementara itu sebelum melakukan tolak bala, para jamaah melakukan sholat maghrib dan isya’ berjamaah kemudian dilanjutkan membaca surah yasin dan shalawat di masjid darul muhsinin desa pandahan.

Menurut tokoh warga desa Pandahan, Arbain, tolak bala di lakukan dengan harapan agar desa pandahan dapat terhindar dari bala atau musibah.

“Melakukan acara bearak untuk tolak bala di malam Arba Mustamir, acara ini rutin di lakukan setiap tahun agar terhindar dari musibah,” ujarnya.

“Agar desa dijauhkan dari marabahaya hal yang biasanya ganggu keamanan, dilakukan setiap tahun di akhir bulan Safar hari rabu terakhir,” jelas Alpianus Taurus kepala desa Pandahan.

Tradisi tolak bala di desa Pandahan ini memang digelar setiap tahun pada malam Arba atau Rabu terakhir di bulan Safar.

 

Reproter : Suhardadi


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *