Warga Desa Hangui Gelar Pawai Obor Tolak Bala

Tapin, DUTA TVDengan membawa obor, puluhan orang dewasa dan anak-anak desa Hangui, kecamatan Bungur, kabupaten Tapin, menggelar tradisi Pawai Suluh Tolak Bala di akhir bulan Safar.

Dengan diselingi sholawat dan doa, masyarakat berjalan kaki beramai ramai mengelilingi kampung dengan harapan desa mereka dan penduduknya dapat terhindar dari segala bentuk musibah atau bala.

Sementara itu tradisi Pawai Suluh yang rutin digelar setiap tahun di desa Hangui ini diharapkan dapat membantu mempercepat hilangnya wabah COVID-19 melalui ikhtiar yang mereka lakukan.

“Kegiatan ini kami setiap tahun bulan Safar, mengadakan tolak bala kemudian Arba Musta’mirnya kami adakan lagi sholat hajat di langgar, kegiatannya membaca Burdah lawan maulidan, obor-obor nih tradisi orang kampong aja, tolak balanya ini akan khusus, mudah-mudahan wabah Corona ini supaya hilang,” ujar Rusli, ketua RT 1 desa Hangui.

Selain menggelar pawai obor, masyarakat juga akan melakukan pembacaan burdah serta memperingati maulid nabi yang akan digelar dipekan berikutnya, agar dihindarkan dari berbagai macam penyakit dan bala marabahaya.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *