Luhut akan Pimpin Rapat Banjir Kalsel

Jakarta, DUTA TV — Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menyarankan lintas kementerian/lembaga menggelar rapat dan membahas tindak lanjut banjir di Kalimantan Selatan. Ia pun menyatakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat itu.

“Kalau sudah selesai semua ini, kita harus rapat dengan kementerian/lembaga lainnya untuk tindak lanjut, dan rapat ini akan dipimpin Pak Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi,” katanya dalam rapat bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan seperti dikutip dari keterangan resmi KLHK, Kamis (4/2).

Lihat Juga :  PLN Berhasil Menyalakan 99,9% Gardu Terdampak Banjir di Kalsel

Sebelum rapat itu dilakukan, ia meminta Pemprov Kalsel menyelesaikan kajian terkait penyebab dan antisipasi banjir untuk dilaporkan ke Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ia meminta pengelolaan sampah dimasukkan sebagai antisipasi banjir. Menurutnya, lebih dari 50 persen wilayah Kalsel didominasi wilayah pemukiman, sehingga pengelolaan sampah penting diperhatikan.

Lihat Juga :  Ombudsman Apresiasi Kesigapan PLN Tangani Banjir di Kalsel

Kemudian, Pemprov Kalsel diminta mengerahkan fasilitas percepatan pemulihan lingkungan akibat pertambangan/perkebunan dan pemulihan kerusakan lahan akses terbuka, menyiapkan rancangan peraturan daerah pengelolaan jasa lingkungan hidup, dan relokasi kewajiban rehabilitasi DAS.

Namun, Pemprov Kalsel mengatakan butuh menganalisis sejumlah Daerah Tangkapan Air (DTA) guna mendalami mitigasi risiko banjir di masa yang akan datang. Hal tersebut meliputi analisa di DTA Alalak, DTA Amandit, DTA Riam Kanan, DTa Tabalong Kiwa, DTA Negara, DTA Tapin, DTA Batang Alai dan DTA Pulau Laut.

Lihat Juga :  Belum Ada Laporan Covid-19 di Pengungsian Kalsel

Setelah analisis itu rampung baru pihak pemprov akan membentuk peta dan profil kawasan banjir, model banjir, kebutuhan infrastruktur ekologis, rencana aksi, skema pembiayaan,  dan mekanisme pelaksanaannya di setiap DTA.(cnni)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *