LPID Apresiasi Festival Makan Durian Bersama Paman Birin  

DUTA TV BANJAR – Event tahunan Kalsel yakni pesta Durian kembali digelar tahun ini.

Festival Makan Durian Bersama Paman Birin itu diselenggarakan akhir pekan lalu di Kiram Park, Karang Intan, Kabupaten Banjar yang dimeriahkan sekitar 24 ribu orang. Sedangkan Durian yang disediakan mencapai 43 ribu buah.

Atas banyaknya peserta yang hadir dan buah yang disediakan itulah Provinsi Kalimantan Selatan memperoleh dua penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LPID).

“Penilaian ini berdasarkan hitungan jumlahnya. Untuk total segini baru pertama kali,” kata General Manager LPID, Visca Mahu.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dianugerahi Kategori Pemrakarsa dan satu kategori lainnya dianugerahkan kepada penyelenggara yakni Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (Paman Birin) yang hadir juga turut ambil bagian dalam pesta rakyat tersebut.

“Hari ini kita makan durian bersama-sama dan mendapat penghargaan. Ini persembahan buat rakyat Kalsel,” ujar Gubernur Sahbirin Noor.

Paman Birin juga bertekad untuk menjadikan buah durian sebagai penunjang perekonomian di Kalimantan Selatan.

“Saat ini 20{5b1a8e93fac51023fbcea5a31a1f1c34877e15d45a6e19a88118d1d7c5787696} perekonomian Kalsel masih disumbangkan oleh batu bara yang mana itu bisa habis sewaktu-waktu,” ucapnya.

Karena itulah, Pemerintah Provinsi ingin mengganti sumber daya alam batu bara dengan sumber daya alam yang terbarukan melalui bidang pertanian, salah satunya buah Durian.

Selain makan bersama, dalam festival ini juga dilaksanakan kontes Durian dan pameran beberapa buah eksotik khas Kalsel.

Dalam perlombaan, juara teratas ditempati durian asal kabupaten Tanah Laut yaitu Si Mangkal sebagai juara 1 dan Si Tangkai Panjang sebagai juara 2.

Tim Liputan

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *