Kue Ipau, Kuliner Berlapis Nan Gurih

DUTA TV BANJARMASIN – Jika kalian jalan-jalan di pasar Ramadhan, kuliner yang akan selalu kalian jumpai yakni kue patah asia atau yang biasa kita kenal dengan kue ipau.

Hampir setiap pasar Ramadhan selalu ada pedagang yang menjajakan kue ini, seperti di Pasar Pandu di Jl.A Yani Km 3.5 ini, pedagang mengaku jualannya kerap diserbu dan dibeli masyarakat.

Ipau sendiri konon merupakan kue yang berasal dari daerah timur tengah atau Arab Saudi, terlihat dari bentuknya yang berlapis lapis dan campurannya yang lebih banyak menggunakan santan kelapa, telur, potongan ayam, serta sayur mayur.

Ibu khalidah, salah satu penjual ipau mengaku mampu menghabiskan kuliner ini 3 loyang per harinya.

“20.000 Sepotongnya, jualan sudah 25 tahun jua, dan untuk peminat cukup tinggi Alhamdulillah 3 loyang cepat habisnya tidak sampai magrib, biasanya 5 loyang, tapi sekarang ekonomi sulit, tapi alhamdulillah selalu habis,” ucap Khalidah, Penjual Ipau.

Khalidah, Penjual Ipau

 

“Belum pernah coba jadi sekalian mau coba, karena adanya pas Ramadhan aja, dan dengar-dengar rasanya kaya lasgna, krimi-krimi lembut manis,” tutur Lesia, salah satu pembeli ipau.

Lesia

 

Untuk satu potongnya, kue ipau ini dibandrol di kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 tergantung ukuran kue itu sendiri.

 

Reporter : Nina Megasari – Zein Fahlevi

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *