Lomba Menghias Ipau Ramaikan Festival Kuliner Arab

DUTA TV BANJARMASIN – Berbagai macam hiasan ipau makanan khas Banjar terlihat dengan berbagai macam bentuk.

Ada yang berbentuk bulat, kecil, dan juga seperti gunung.

Ya, di festival kuliner Arab, atau Arab Food Festival di kawasan Antasan Kecil Barat, sedang melaksanakan lomba menghias ipau, pada jumat sore kemarin (07/02/2020).

Tak hanya dari segi bentuk, namun dari segi rasa pun dinilai oleh sejumlah juri.

Makanan berbahan dasar tepung gandum, beberapa sayuran dan juga daging itu memang sangat populer di Kampung Arab.

Salah satu pemenang lomba menghias ipau, Lisa, mengaku senang bisa mendapatkan juara satu. Padahal dirinya baru mengikuti lomba menghias kue ipau.

“Ini saya pertama kali bikin, jadi ipaunya itu saya presto, dan karena cocok di lidah orang nasional dan lokal jadi punya nilai jual tinggi, ini saya juara satu, seneng sih,”ucapnya.

pemenang lomba menghias ipau, Lisa

pemenang lomba menghias ipau, Lisa

“Yang dinilai itu seperti teknik, rasa, dan kebersihan, untuk ipau sendiri rasanya itu gurih ya, dan lebih kental, terus cenderung kaya ada rempahnya, dan itu menjadi ciri khas ipaunya sendiri,” ungkap Adeline, juri lomba hias ipau.

Adeline, juri

Adeline, juri

“Event ini adalah dalam rangka penguatan identitas, yaitu identitasnya Kampung Arab dengan makanan nuansa Arab, dan yang terkenal di sini yaitu nasi samin dan ipaunya, memang enak-enak,” ujar Siti Wasilah, ketua TP PKK Banjarmasin.

Siti Wasilah, ketua TP PKK Banjarmasin.

Siti Wasilah, ketua TP PKK Banjarmasin.

Festival kuliner Arab ini memang digelar setiap minggu di tempat yang sama. Selain untuk menghidupkan perekonomian di kawasan sekitar, adanya kegiatan ini juga menyambut Hari Pers Nasional yang digelar di Kalimantan Selatan.

Reporter : Zein Pahlevi

#UPDATE CORONA KALSEL


Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *