Lapas Klas IIA Banjarmasin Buka Usaha Pencucian Mobil Bersama Warga Binaan

Lapas Klas IIA Banjarmasin Buka Usaha Pencucian Mobil

Banjarmasin, DUTA TV — Pemotongan pita yang dilakukan kepala divisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sri Yuwono menandai dibukanya tempat pencucian mobil dan sepeda motor untuk umum di kawasan Lapas, Rabu pagi(30/03).

Usaha ini, merupakan salah satu bentuk program pembinaan dan pembekalan bagi warga binaan agar  memiliki keahlian setelah selesai menajalani masa tahanan.

Usaha pencucian bernama Asteda Carwash ini, memperkerjakan sekitar 8 warga binaan yang sudah menjalani setengah masa tahanan serta sudah melengkapai persyaratan.

Salah satu warga binaan bersyukur akhirnya bisa membuka usaha bersama petugas lapas dan berharap ini bisa menjadi bekal mereka untuk membuat usaha yang sama saat selesai menjalani masa tahanan.

“Sangat senang bagus aja memang kita ada rencana dan dan kami terima, terus kami ada pemebelajaran sekitar 5 bulan untuk mencuci mobil dan kita kerjakan, mungkin akan meneruskan ini,”ucap Syaiful Rahman, Warga Binaan Lapas.

“Jadi kita berysukur bisa melakukan trobosan dan inisiatif, Jadi ini sebanarnya juga sebagai pembekalan dan pembinaan warga binaan di lapas agar memiliki keterampilan dan bekal agar nantinya memiliki sebuah ide usaha setelah keluar dari sini,” kata Herliadi, Kalapas Kelas IIA Banjarmasin.

Sementara itu, Tarif pencucian mobil di asteda carwash berkisar antara 50 ribu rupiah hingga 65 ribu rupiah. Sedangkan kendaraan bermotor dari 15 ribu hingga 25 ribu rupiah. Hasil pendapatan nantinya beberapa persennya juga akan dibagikan kepada para warga binaan yang turut bekerja.

Reporter : Ade Yanuar

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.