Kumpulan Advokat Bacakan Gugatan ke P3HI di Pengadilan

DUTA TV BANJARMASINDuduk sebagai penggugat, 6 orang perwakilan Advokat mengatasnamakan diri tim Penyelamat Profesi dan Etika Advokat, membacakan gugatanya di pengadilan Negeri Banjarmasin, terhadap keberadaan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perkumpulan Pengacara Dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) yang berdomisili di Kalimantan Selatan.

Gugatan diajukan puluhan advokat Kalimantan Selatan, menyusul disumpahnya sejumlah sarjana hukum menjadi advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Selatan. Yang di usulkan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perkumpulan Pengacara Penesihat Hukum Indonesia Atau (P3HI).

Dalam sidang-sidang sebelumnya pihak tergugat, yakni DPN P3HI dua kali tidak menghadiri persidangan di Pengadilan Negeri Banjarmasin. Dan pada sidang lanjutan kali ini dihadiri oleh perwakilan kuasa hukum pihak tergugat.

“Disampaikan dalam gugatan ini intinya semua peneggakan profesi advokat kita menilai tergugat yang memepunyai organisasi melakukan dan mencetak Advokat. Sementaraada angkatan kelima diragukan baik pendidikannya mau pun magang . Bahkan ada izajah gugatan ini jalan satu – satunya untuk mengontrol,” kata 1 Abdullah  Perwakilan Tim Penyelamat Profesi Dan Etika Advokat

“Mereka justru bekerjasama dengna lemabaga penelitian ketiga kita magang tidka dilakukan padahal organiasi ini pelantikan ini penyumahan, bahwa organisasi ini melanggar UU yang beralku,”ujar  Wanto Asalan Perwakilan Tim Penyelamat Profesi Dan Etika Advokat

Wanto Asalan Perwakilan Tim Penyelamat Profesi dan Etika Advokat

Wanto Asalan Perwakilan Tim Penyelamat Profesi dan Etika Advokat

Menyikapi gugatan yang dilayangkan, pihak tergugat akan mempelajarinya dan akan memberikan jawaban atas gugatan tersebut.

“Menangggapi gugatanya kita selaku para pihak kita memang sedianya mendengarkan dan itu saudara dan itu hak mereka nanti kita akan memberikan jawaban,” ujar hindarno kuasa hukum tergugat

Diketahui gugatan juga dilayangkan berdasarkan payung hukum undang – undang 18 tahun 2003. Yang menjelaskan syarat untuk menjadi Advokat. Pertama mengadakan pendidikan khusus, kemudian ujian dilaskanakan perguruantinggi serta harus magang selama 2 tahun berturut turut.

 

Reporter : Rahmatillah

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *