Pemilu

Kualitas Pemilu Calon DPD Paling Rendah

DUTA TV BANJARMASIN – Kontestasi Pemilu serentak 2019 sudah usai dan kini menyisakan proses rekapitulasi secara nasional oleh KPU RI yang dibacakan manual dari Provinsi se Indonesia.

Di Provinsi Kalsel capaian partisipasi pemilih dinilai sukses, bahkan capaian jauh melampaui target partisipasi nasional yang dipatok 77,5%.

Capaian partisipasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara kuantitas sebesar 79,5%, Pemilu DPR 79,2%, pemilihan calon DPD dan DPRD Provinsi 79,1%.

Sementara secara kualitas, persentasi capaian partisipasi tertinggi diraih Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 96,3%, DPR 85,1%, DPRD Provinsi 84%, sebaliknya paling rendah pada Pemilu calon DPD sebesar 81,1%.

“Kuantitas meningkat dari target nasional 77.5% pemilu presiden, DPR, DPD, kualitas juga lebih tinggi presiden, bertolak belakang dengan pemilu DPD, padahal metode pemberian suaranya tidak terlalu berbeda dengan pemilu DPD, di pemilu DPD jumlah suara tidak sah lebih besar, pemilih tidak sah 447.305 pemilih yang suaranya tidak sah dalam pemilu DPD, sedangkan dalam pilpres 88.001 pemilih yang tidak sah,” jelas Edy Ariansyah, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kalsel

Edy Ariansyah

 

Dari capaian partisipasi yang relatif tinggi dan melampaui target nasional, jajaran KPU Kalsel berupaya mempertahankan angka perolehan pemilih di jelang pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 mendatang, yang regulasi dan tahapannya akan mulai digeber sejak Juni mendatang.

 

Reporter : Fadli Rizki

 


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *