KPU Kalsel: PSU 9 Juni 2021 Perlu Dana Rp 19 M

BANJARMASIN, DUTA TV Hasil rapat pleno internal KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) menetapkan jadwal pemungutan suara ulang, PSU pemilihan gubernur dan wakil Gubernur Kalsel, di 7 kecamatan dari 3 Kabupaten – Kota, akan digeber pada Rabu 9 Juni mendatang.

Selain penetapan waktu, rancangan biaya pelaksanaan pun sudah dibukukan, dengan estimasi anggaran sebesar Rp 19 miliar, untuk kelancaran proses pilkada ulang di 827 buah, yang tersebar di kecamatan Banjarmasin Selatan, 5 kecamatan di kabupaten Banjar, serta 24 TPS se-kecamatan Binuang.

Lihat Juga :  PSU 9 Juni Ditaksir Serap Anggaran Rp 23 Miliar

“Anggaran pelaksanaan pencoblosan ulang berkisar Rp 19 miliar. Untuk pencoblosan ulang di 827 TPS yang tersebar 107 desa, kelurahan dari 7 kecamatan meliputi 3 kabupaten – kota,” ucap Sarmuji Ketua KPU Kalsel.

Ketua KPU Kalsel menambahkan pelaksanaan PSU sesuai instruksi Mahkamah Konstitusi (MA) pada putusan sengketa Pilkada Kalsel, diperintahkan menggelar PSU maksimal 60 hari kerja sejak amar putusan dibacakan 19 Maret kemarin.

Lihat Juga :  Hadapi PSU Pilwali, Tenaga Adhoc Bawaslu di Swab Antigen

“Kami sepakat sementara dan nanti kita konsultasikan ke KPU RI, yaitu kita estimasi tanggal 9 Juni 2021, ya usai lebaran,” tambahnya.

Diakui, KPU Kalsel memiliki anggaran sekitar Rp 10 miliar. Semenara dari estimasi anggaran yang dirancang, penyelenggara KPU mengalokasikan keperluan terbanyak untuk honor tenaga badan Adhoc PPK dan KPPS di 7 kecamatan dan 107 desa yang melaksanakan PSU, serta kegiatan rekrutmennya, yang diperkirakan menyerap 60% anggaran.

Lihat Juga :  PSU di Banjar, LSM : Memalukan !

Reporter : Fadli Rizki


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *