KPU & Bawaslu Jangan Seperti “Tom-Jerry”

Banjarmasin, DUTA TV — Penyelenggara KPU dan Bawaslu kerap mendapat anekdot bagai “tom and jerry” karena kurang sinerginya dalam penerapan aturan dan penegakkan pengawasan.

Tak jarang terjadi gesekan dalam penerapan sebuah aturan pemilu atau pemilihan.

Akademisi sekaligus tim pemeriksa daerah Kalsel Mahyuni menilai, sinergi dan kordinasi antar penyelenggara harus ditegakkan dan disiplin melakukan kerjanya masing masing dengan berlandaskan undang-undang.

“Isu seperti Tom And Jerry, artinya antara penyelenggara kurang koordinasi terkesan kurang komunikasi, penting kiranya sinergi dalam pelaksanaan tahapan. Undang undang mengatur ada dua kewajiban Bawaslu wajib sampaikan temuan dan laporan kepada KPU, sebaliknya KPU wajib tindak lanjuti temuan dan laporan Bawaslu,” kata Mahyuni Tim Pemeriksa Daerah Kalsel

Mahyuni Tim Pemeriksa Daerah Kalsel

Mahyuni Tim Pemeriksa Daerah Kalsel

“Kita wanti-wanti jangan sampai penyelenggara berpihak ke Paslon, agar penting pahami kerja, pahami asas dan aturan, taat azas dan aturan jangan berpihak, hilangkan ego sectoral jangan sampai ada gesekan, jangan sampai peserta baampik karena penyelenggara tidak sependapat,” ucap HM. Yasar Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin

HM. Yasar Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin

HM. Yasar Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin

Bawaslu juga mewarning jajarannya, serta sesama penyelenggara di KPU agar netral dalam bertindak, tidak memihak Paslon manapun dalam upaya mengawal pemilihan kepala daerah yang demokratis.

Reporter : Fadli Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *