KPU Banjarmasin Mulai Sortir Dan Lipat Surat Suara

DUTA TV BANJARMASIN – KPU Kota Banjarmasin Jumat (01/03) pagi, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara pemilu 2019. Sebelum dilakukan penyortiran dan pelipatan, petugas KPU terlebih dulu menjelaskan tata cara pelipatan kepada para pekerja.

Dihari pertama, surat suara yang disortir dan dilipat merupakan surat suara DPR-RI Dapil Kalsel 2 yang berjumlah 447.085 ditambah 2 persen per TPS surat suara cadangan.

Dalam pelipatan surat suara sendiri, KPU Banjarmasin mengerahkan 66 pekerja yang direkrut dari Mahasiswa dan Masyarakat, tahapan pelipatan yang dilaksanakan di Gedung Warga Sari taman Budaya Kalsel ini dijadwalkan akan berlangsung selama 20 hari ke depan.

“Baru pertama kali melipat surat suara, sejauh ini sih belum ada semoga tidak ada. Tadi juga diperiksa surat suaranya,” kata Khalimah, salah satu Mahasiswi.

Sekretaris KPU Banjarmasin Husni Thamrin mengatakan, untuk proses penyortiran dan pelipatan pekerja mendapat pengawasan dari staf KPU dan Bawaslu Banjarmasin serta Kepolisian.

“Mulai hari ini 1 Maret 2019 nanti sampai 20 Maret kami merencanakan untuk sortir surat suara. Surat suara ini sudah klop datang di tempat kita, jumlahnya sekitar 3.898 kotak dan ini ada 5 jenis pemilihan,” terang Husni Thamrin.

Sementara itu, untuk surat suara yang ditemukan rusak saat penyortiran, nantinya akan dikumpulkan dan kemudian dimusnahkan agar tidak disalahgunakan.

 

Reporter : Mawardi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *