Pemilu Politik

Surat Suara Tunggu Cetak KPU RI

DUTA TV BANJARMASIN – Kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 terus diintensifkan oleh penyelenggara Pemilu di setiap tingkatan, termasuk proses validasi daftar surat suara.

Untuk KPU Provinsi Kalimantan Selatan, kesiapan juga sudah rampung dilakukan. Dari validasi akhir, komposisi Caleg yang akan berkontestasi di Pileg 2019 dipastikan ada 620 orang.

Dari Daftar Calon Tetap awal yang berjumlah 621 peserta, berkurangnya satu Caleg karena meninggal dunia. Yakni Caleg dari Partai Hanura pada daerah pemilihan 5 provinsi Kalsel nomor urut 1 atas nama Achmad Saiman.

Edy Ariansyah Ketua KPU Kalimantan Selatan menjelaskan,”Proses pengadaan, pencetakan itu dilakukan oleh KPU RI jadi kita tinggal menunggu. Ada memang beberapa perubahan terkait daftar calon ini. Sebgaimana dalam DCT se Kalimantan Selatan itu jumlahnya 622 orang. Kemudian masuk dapam penetapan DCT  ternyata ada pengurangan menjadi 621 orang.”

Selain itu, validasi untuk surat suara calon perseorangan Anggota DPD RI Dapil Kalsel juga telah dilakukan dengan beberapa perubahan, diantarnaya pada foto atau gambar calon.

Jika pasca validasi masih ada pengurangan jumlah Caleg lantaran meninggal dunia, tidak lagi dilakukan perbaikan atau pencoretan nama dalam daftar surat suara, namun akan disosialisasikan hingga hari H pemungutan suara pada 17 April 2019 nanti.

 

Reporter : Fadli Rizki



Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *