KPAI : Mau Belajar Tatap Muka ? 5 SIAP Dulu

Solo, DUTA TV — Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengapresiasi persiapan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran tatap muka di masa pandemi.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti saat meninjau kegiatan pembelajaran tatap muka di SMPN 4 Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/11) mengatakan, sekolah memerlukan dukungan dari pemerintah daerah untuk mempersiapkan sekaligus menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Menurut Retno ada 5 ‘SIAP’ dalam membuka sekolah selama masa pandemi Covid-19. Yaitu siap daerahnya, siap sekolahnya, siap gurunya, siap orang tuanya, dan siap siswanya. Jika salah satu diantara lima hal itu tidak siap maka pembukaan sekolah harus ditunda.

KPAI berharap, ke depan sekolah yang sudah membuka pembelajaran tatap muka bisa menjadi percontohan kesiapan bagi sekolah-sekolah lain yang hingga saat ini belum melaksanakannya.

“Nah persiapan ini penting. Pandeminya panjang dan jangka panjang nanti mau tidak mau di setiap zona orang akan ribut buka sekolah terutama desakan dari orang tua dan anak-anak sudah mulai mengalami gangguan kesehatan mental karena terlalu lama di rumah. Yang mungkin saja juga mengalami problem masalah di rumah kekerasan yang mungkin saja dilakukan oleh keluarga,”ujar Retno.

Untuk pembelajaran tatap muka SMP di Solo sendiri baru dilaksanakan bagi siswa kelas 9 dengan dibatasi 50 % daring dan 50 % tatap muka. Selain itu protokol kesehatan di sekolah juga diatur ketat, seperti proses saat berangkat dan pulang harus diantar-jemput orangtua dan dilarang untuk menggunakan kendaraan umum. Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo, Dwi Ariyatno.

“Sebenarnya fase untuk bulan Desember besok kan harapannya itu kita nambah kelas. Cuma tadi keliatannya belum ketemu apa namanya solusinya. Apakah solusinya karena terkendala SDM,”katanya.

Pembelajaran tatap muka di Solo dimulai 4 November lalu. Terdapat tiga sekolah yang ditunjuk sebagai percontohan, yaitu SMPN 4 Solo, SMP Al Azhar Syifa Budi Solo dan MTsN 1 Solo. Pemerintah kota terus mengawasi protokol kesehatan di tiga sekolah selama kegiatan belajar dan mengajar tatap muka berlangsung.

 

Sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *