Artikel Komunikasi

Komunikasi Inter Atau Intrapersonal? Apa Sih Itu?

Kalian bukan jurusan komunikasi ? Baca aja sampai habis, setidaknya memberi gambaran apa sih Komunikasi ? Katanya ada Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal, bingung kan? Lanjut ya.

Seperti yang kita ketahui dari namanya saja Interpersonal dengan Intrapersonal jelas berbeda, Intra artinya didalam personal artinya pribadi (diri sendiri), jadi dengan kata lain komunikasi Intrapersonal/komunikasi intra-pribadi merupakan komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri yang berperan sebagai sender (komunikator) sekaligus berperan juga sebagai receive (komunikan), memberikan umpan balik pada diri sendiri dan kemudian berkelanjutan.

Contoh dalam komunikasi seperti ini dalam kehidupan sehari – hari adalah : berdoa, bersyukur, ngelamun, berkhayal, dll. Komunikasi Intrapersonal sangat dibutuhkan untuk memahami/mengenal diri sendiri.

Lalu, bagaimana dengan Komunikasi Interpersonal ?

Berbeda halnya dengan komunikasi Interpersonal, Inter artinya luar Personal artinya pribadi (diri sendiri), jadi Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang mempunyai peran yang berbeda. Ada yang berperan sebagai pembicara dan sebagian lain berperan sebagai penerima atau lawan bicara. Umpan balik dapat diterima oleh pembicara dan lawan bicara. Contoh dari komunikasi ini adalah : pidato, ngobrol biasa atau ringkasnya gini deh, ada lawan bicaranya, baik yang berwujud manusia ataupun teknologi, kaya video call dan lainnya.

Jadi intinya, Komunikasi Intrapersonal memberikan informasi dan feedbeck hanya untuk diri sendiri saja, dan komunikasi Interpersonal memberikan informasi kepada orang lain dan memungkinkan orang lain memberikan feedback terhadap kita.

 

IG : @gustimuhammadhermawan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *