Kominfo Dorong Operator Bangun Jaringan di IKN

Jakarta, DUTA TV Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong operator menggelar jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) untuk memberikan layanan dan kemajuan pada ekosistem digital.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen PPI Kominfo), Wayan Toni Supriyanto mengatakan bahwa IKN dirancang sebagai ibu kota cerdas dan digital hub.

“Pembangunan IKN ini ditargetkan akan memberikan dampak positif pada kemajuan ekosistem digital. Kominfo mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN agar memungkinkan penggunaan teknologi baru dan mutakhir,” ungkap Wayan saat membuka diskusi IndoTelko Forum di Jakarta.

Dijelaskannya, pembangunan IKN diharapkan memberi dampak positif untuk tiga indikator utama kemajuan ekosistem digital, yakni peringkat sangat tinggi dalam indeks pengembangan pemerintahan digital atau e-government indeks dari UN.

Kedua, tingkat konektivitas digital dan TIK yang mencapai 100% untuk semua penduduk dan bisnis. Ketiga, tingkat kepuasan berbisnis bidang layanan digital yang mencapai 75 persen atau lebih.

“Kominfo mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN untuk memungkinkan penggunaan teknologi baru termutakhir seperti penggunaa aotonomus vehicle, internet of things berbasis 5G dan Big Data dapat berjalan secara simultan dan kontinu,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan jaringan internet di IKN semuanya harus sudah 5G.

Untuk diketahui, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur bukan semata menggeser infrastruktur fisik pemerintah pusat, melainkan juga membangun ekosistem kota pintar atau smart city.(dtk)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *