Keren … Polda Kalteng Inovasi Pemadam Api Portable

Palangka Raya, DUTA TV — Polda Kalimantan Tengah melakukan sederet upaya guna menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Salah satunya dengan meluncurkan alat pemadam api cepat, yaitu Agus Water Spray (AWS).

Peluncuran AWS dan Mobil Pemburu Api dilaksanakan Selasa (02/03) di Lapangan Barigas Mapolda. Sesuai namanya, AWS yang diluncurkan merupakan hasil inovasi dari Bripka Agus, salah satu personel Polresta Palangka Raya.

Mewakili Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Kabidhumas Kombes Pol. Eko Saputro, mengatakan AWS merupakan alat pemadam portable yang terinspirasi dari alat semprot cuci motor. Kemudian, alat tersebut dimodifikasi menggunakan aki dan dinamo dengan kapasitas air 30 liter.

“Selain me-launching AWS, pada kesempatan tersebut Kapolda juga me-launching mobil pemburu api berjenis komodo yang akan digerakkan untuk memadamkan api dengan medan yang berat dan tidak bisa dilalui mobil pemadam yang besar,” terang Eko dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

Eko berharap, adanya inovasi AWS dan Mobil Pemburu Api dapat mempermudah tugas personel untuk memadamkan Karhutla di Kalimantan Tengah.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *